Money Management Trading Forex

Sebagai trader yang bijak, maka hal utama yang harus dipersiapkan sebelum melakukan transaksi adalah “Resiko”. Tetapi pada kenyataannya hal ini sering dilupakan dan yang paling diutamakan adalah keuntungan, keuntungan dan keuntungan. Pedagang yang bijak akan menyiapkan diri sedemikian rupa untuk menerima resiko kerugian karena dalam suatu perdagangan “loss itu pasti dan profit hanyalah sebuah kemungkinan”.

Lalu bagaimana cara menghitung dan menempatkan resiko perdangan yang baik ? Hal paling utama dan terpenting sebelum melakukan transaksi adalah tentukan % Resiko kerugian Anda terhadap modal yang ada. Misalkan Anda memiliki Moda Trading 1000$, maka berapa % resiko kehilangan yang siap Anda terima dalam satu kali transaksi. Dari % resiko inilah nantinya yang digunakan untuk menentukan lot size (volume) transaksi dan batas (limit) kesalahan Anda dalam bertransaksi.

Ilustrasi*
Modal Awal        : 1000$
% Risk                : 1% (1x Transaksi)
Total Risk $         : 10$

Dari ‘Total Risk $’ Anda tentukan nilai lot size yang akan digunakan dalam perdagangan. Jika anda menggunakan lot size 1 maka batas toleransi kesalahan transaksi Anda hanya 10 Pip (1lot x 10pips = 10$). Tetapi jika Anda menggunakan lot size 0.1 maka batas toleransi kesalahan transaksi Anda 100 pips (0.1lot x 100pips = 10$).